Saatnya Mengenal Penyebab Dan Penularan Hepatitis B

Mengenal Penyebab Dan Penularan Hepatitis B – Penyakit hepatitis B adalah salah satu penyakit yang menyebabkan hati mengalami infeksi yang biasanya disebabkan oleh virus yang menyebar melalui darah dan juga cairan dalam tubuh.

Saatnya Mengenal Penyebab Dan Penularan Hepatitis B

Seperti yang dilansir dari salah satu situs resmi WHO, penyakit hepatitis B ini adalah masalah kesehatan yang sudah sangat global. Hal ini bisa menyebabkan infeksi yang kronis dan bisa menempatkan orang pada resiko berbahaya dimana mengalami kematian dari penyakit sirosis hati dan juga kanker hati.

Sebuah langkah pencegahan dari dulu sudah ada, seperti halnya vaksin untuk hepatitis B yang  sejak tahun 1982 telah hadir. Vaksin ini 95% sangat efektif guna mencegah terjadinya infeksi dan juga perkembangan penyakit dan kanker hati kronis yang diakibatkan oleh hepatitis B.

Baca Juga : Pengobatan Liver Secara Alami

Perkembangan hepatitis B tertinggi saat ini terjadi di Sub Sahara Afrika dan juga Asia Timur, dimana antara 5 sampai 10 persen dari populasi pada orang dewasa terinfeksi secara kronis. Dan tingkat akan tingginya infeksi kronis ini juga ditemukan di Amazon dan Eropa bagaian selatan, timur dan tengah.

Seperti yang terjadi ditimur tengah dan juga India, telah diperkirakan adanya 2 sampai 5 persen dari populasi umum, telah terinfeksi secara kronis. Dan telah ada kurang dari 1 persen dari populasi Eropa Barat dan Amerika Utara yang juga telah terinfeksi secara kronis.

Penyebab Dan Penularan Penyakit Hepatitis B

Virus penyakit hepatitis B ini bisa bertahan hidup diluar tubuh setidaknya selama 7 hari. Dan pada rentang waktu ini, virus masih dapat menyebabkan infeksi apabila telah memasuki tubuh orang yang tidak dilindungi dengan vaksinasi.

Untuk masa inkubasi dari adanya virus hepatitis B ini rata rata adalah 75 hari, akan tetapi masih bisa bervariasi yang mana antara 30 sampai 180 hari. Virus ini dapat di deteksi dalam waktu kurang lebih 30 sampai 60 hari setelah infeksi dan dapat bertahan dan berkembang menjadi hepatitis B kronis.

Tak terkecuali yang terjadi didaerah endemis tinggi Penyebab Dan Penularan Hepatitis B  ini paling umumnya menyebar melalui ibu ke anak saat mereka lahir (transmisi perinatal), atau melalui transmisi horizontal yakni paparan darah yang telah terkena infeksi, terutama dari anak yang terinfeksi bagi anak yang tidak mengalami infeksi saat mereka berusia 5 tahun.

Selain itu  Penyebab Dan Penularan Hepatitis B juga disebarkan oleh perkuatan atau mukosa paparan darah yang telah terkena infeksi dan berbagai cairan tubuh, dan juga melalui air liur, haid, vagina, dan juga cairan mani.

Tidak sampai disitu, penularan hepatitis B juga bisa terjadi terutama pada pria yang tidak melakukan vaksinasi dan yang melakukan hubungan seks dengan sesama pria dan seorang heteroseksual dengan banyak pasangan seks atau melakukan hubungan seks dengan PSK

Dalam kasus infeksi hepatitis kronis diusia yang dewasa sekitar 5 persen. Dan penularan virus ini juga dapat terjadi melalui penggunaan kembali jarum suntik baik difasilitas pelayanan kesehatan atau bahkan diantara orang orang yang suka menyuntikan narkoba.

Kemudian, infeksi ini juga dapat terjadi selama prosedur medis sedang berlangsung, seperti saat melakukan bedah dan gigi, melalui tato, atau melalui penggunaan pisau cukur dan juga benda benda sejenis yang terkontaminasi dengan darah mereka yang telah terkontaminasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *