Mengenal Cara Penularan Penyakit Hepatitis A

VHA

Mengenal Cara Penularan Penyakit Hepatitis A – Penyakit hepatitis merupakan penyakit yang menyerang sel hati dan menyebabkan peradangan. Sama halnya dengan hepatitis A, besar kemungkinan gejala yang dirasakan untuk penderita penyakit hepatitis A ini akan menularkan kepada orang lain dengan berbagai cara. Penyakit hepatitis dikenal juga sebagai penyakit radang hati, yang mana penyebabnya bisa dikarekan oleh obat obatan, alokohol, kimia, dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh virus. Dan untuk penyakit hepatitis A ini disebabkan oleh virus hepatitis A.

Sebelum kita mengetahui bagaimana proses penularan penyakit hepatitis A, sebaiknya kita mengenal gejala dari penyakit hepatitis itu sendiri, adapun gejala yang umumnya dirasakan adalah sebagai berikut:

  1. Menderita easa sakit bagian perut sebagian kanan
  2. Demam secara terus menerus
  3. Mengalami penurunan berat badan, karena nafsu makan berkurang
  4. Lebih mudah lelah

Penularan Penyakit Hepatitis A

Pada umumnya banyak masyarakat sekrang yang kurang memahami bagaimana proses penularan penyakit hepatitis A itu sendiri, dan mereka jenderung lebih mengenal penyakit hepatitis A sebagai penyakit yang menyebabkan terjadinya perubahan pada warna kulit dan warna putih pada bola mata penderita menjadi warna kuning. Sebenarnya penularan penyakit hepatiti A dapat saja melalui makanan atau minuman yang mengandung virus hepatitis A, yang berasal dari penderira penyakit hepatitis A.

Hal ini disebabkan karena bercampurnya virus hepatitis A dengan makanan atau minuman yang disajikan atau bisa juga bercampur virus ini dari penderita kedalam air yang sering digunakan untuk mengolah makanan.

Penularan penyakit hepatitis A dengan cara ini dapat terjadi karena virus hepatitis A bersifat stabil sehingga dapat bersembunyi dalam sel hati lalu menyerang kesaluran pencernaan dan akhirnya akan bercampur kedalam kotoran yang memperbesar kemungkinan penyebaran dan penularan hepatitis A.

Selain itu memasukan benda atau jari kedalam mulut yang menderita hepatitis A dapat juga merupakan media penularan hepatitis A. Bahkan air liur pun bisa menjadi media penularan hepatitis A. kebersihan lingkungan sangatlah penting, mencuci tangan selama 10 detik dengan sabun, merupakan sebuah kebiasaan yang harus sering dilakukan.Selain itu memastikan masakan dibersihkan, diolah dan dimasak dengan benar juga membantu untuk mencegah penularan penyakit hepatitis A. Serta memberikan vaksinasi terhadap diri sendiri dan orang orang terdekat untuk mendapatkan perlindungan sepenuhnya terhadap penyakit ini juga merupakan suatu hal yang patus dilakukan dalam mengantisipasi penularan penyakit Hepatitis A.

Orang yang berisioko Terkena Virus Hapatitis A

  1. Kontak langsung dengan orang terkena virus hepatitis A
  2. Partner seksula dengan yang terinfeksi virus hepatitis A
  3. Berpergian ke luar negeri , terutama ke negara yang berkembang
  4. Personel militer yang bertugas dinegara berkembang
  5. Pengguna narkoba
  6. Pria homo seksual
  7. Pekerja kesehatan
  8. Penyaji makanan
  9. Pekerja kebersihan

Baca Juga : Pengobatan Hepatitis Akut Secara Alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *