Inilah Daftar Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Hepatitis

Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Hepatitis  РPenyakit hepatitis atau juga penyakit yang menyerang organ terpenting manusia yaitu liver akan semakin memburuk apabila tidak diatasi, peradangan hati yang populer dengan namanya yaitu hepatitis ini bisa menyebabkan kematian. Hepatitis sendiri merupakan proses peradangan pada jaringan hati. Penyakit ini umumnya lebih dikenal dengan nama sakit liver atau sakit kuning. Meskipun demikian, istilah ini bisa menimbulkan kebingungan, karena pada dasarnya tidak semua penyakit kuning ini disebabkan oleh radang hati.

Dari banyaknya faktor, salah stau virus yang menduduki peringkat pertama sebagai salah satu penyebab paling banyak penyakit hepatitis, diantaranya disebabkan oleh bakteri, parasit, obat obatan, bahan kimia yang pada akhirnya merusak hati, alkohol, cacing atau juga mengalami gizi buruk.

Dari gejala dan juga penyebab yang ada, maka penyakit hepatitis ini masih bisa untuk diobati menggunakan pengobatan liver secara alami menggunakan bahan bahan tanaman obat yang akan membantu proses perbaikan fungsi hati yang biasanya bersifat hepatoprotektif. Bahan bahan tersebut diantaranya mengandung kurkumin yang bisa kita dapatkan dari temulawak dan juga kunyit, filantin dari meniran, silimarin dari widuran, aukubin dari daun sendok, glycyrrhisic acid dari saga, minyak atsiri dari bawang putih, krisofanol dari kelembak, gingerol dari jahe, wedelolakton dari urang-aring, andrografolid dari sambiloto, dan sianidol dari zat samak.

Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Hepatitis

Dan berikut ini beberapa contoh Ramuan yang banyak kita temukan pada resep ramuan obat, yang salahnya dari Dr. Setiawan Dalimartha, yang mana sangat bermanfaat dalam memperbaiki fungsi hati. Beberapa bahan sengaja disajikan karena bahan bahannya yang mudah untuk kita temukan. Dan berikut ini diantaranya:

  • Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Hepatitis 1
    Bahan : Satu jari batang brontowali, tiga gelas air, satu sendok madu
    Cara membuat: cucilah batang brontowali lalu kita potong potong seperlunya saja. Kemudian kita rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa satu gelas saja. Dan setelah dingin kita saring dan tambahkan sesendok madu. Dan kini ramuan bisa kita minum minimal 2 kali dalam sehari, masing masing setengah gelas.
  • Ramuan Herbal Untuk Mengatasi Hepatitis 2
    Bahan : 9-15 gram batang bugefit yang telah dikeringkan, tiga gelas air, satu sendok makan madu.
    Cara membuat: Setelah dibersihkan semua bahan kita potong potong batang bugefil tipis tipis. Dan masukkan dalam panci, sambil kita tambahkan juga tiga gelas air. Rebus semua bahan sampai air rebusan tersisa satu gelas. Dan setelah dingin, maka saring, kemudian minum air saringan ini setelah sebelumnya ditambahkan dengan madu. Air saringan ini diminum dua kali dalam sehari, yakni dipagi dan sore hari yang masing masing setengah gelas.
  • Ramuan 3
    Bahan: Segenggam daun pare segar, satu cangkir air matang, garam secukupnya
    Cara membuat: pertama cuci terlebih dahulu daun pare dan bilas dengan air matang. Kemudian kita tumbuk daun sampai halus sambil kita tambahkan juga sedikit garam. Saringlah ramuan itu kemudian kita minum pada pagi hari sebelum makan.
    Catatan: Alangkah baiknya ibu hamil tidak mengkonsumsi ramuan yang satu ini. 
  • Ramuan 4
    Bahan : 2 buah tomat masak, gula pasir secukupnya
    Cara membuat: Setelah sebelumnya dicuci semua bahan, kemudian kita potong potong buah tomat untuk nantinya dijaikan jus. Namun bila tidak mempunyai alatnya, kita bisa buat buah tersebut dengan cara direbus dengan air secukupnya. Dan setelah mendidih, lumat atau kita giling dan kita peras. Air perasan ini kita tambahkan sedikit gula baru selanjutnya kita minum dua kali dalam sehari. 
  • Ramuan 5
    Bahan: 3 buah mengkudu masang atau seganggam kulit mengkudu, selembar daun pisang, sepotong kain, cuka secukupnya
    Cara membuat: Buah mengkudu kita cuci terlebih dahulu kemudian dibilas menggunakan air matang. Parut dan kemudian peras dengan sepotong kain. Dan air perasan diminum.
    Cara kedua untuk pemakaian laur : kulit mengkudu sebelumnya kita tumbuk halus lalu diaduk dengan sedikit cuka. Bungkus ramuan dengan daun pisang. Dan kita panaskan sebentar diatas api. Dalam kondisi yang hangat kita tempelkan bungkusan tersebut pada perut kanan atas, tempat hati yang sedang mengalami pembengkakan dan sakit.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *